5 Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula

Bahasa China atau Mandarin merupakan salah satu bahasa yang paling diminati seluruh orang di dunia dengan berbagai macam alasan. Tidak hanya orang Asia dan keturunanya saja yang belajar bahasa mandarin untuk pemula, namun berbagai macam orang yang memiliki aneka latar belakang, seperti orang Afrika, Eropa dan Amerika serta negara-negara lainnya.

Karena itu, banyak sekali orang dari berbagai macam negara yang tertarik untuk belajar langsung ke negeri China. Alasan mereka belajar pun berbeda-beda, ada yang beralasan karena semakin berkembangnya negara Tiongkok dan ada juga yang ingin mempelajari budayanya sendiri, karena ia keturunan Tiongkok tapi tidak dapat berbicara bahasa Mandarin.

Ada pula orang yang sengaja datang ke China untuk belajar bahasa Mandarin karena kecintaanya terhadap budaya Tiongkok yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Karena itu, banyak sekali orang yang ingin menguasai bahasa Mandarin dan mengenal budaya Tiongkok tersebut.

Namun, karena berkembangnya stigma negatif mengenai bahasa Mandarin membuat orang takut untuk mulai belajar, mulai dari nada dan jenis hurufnya. Bagi orang barat memang bahasa Mandarin merupakan bahasa yang cukup sulit karena bahasa latin dan bahasa Mandarin sangat berbeda jauh dari segi penulisan dan pengucapannya.

Hal tersebut tidak membuat bahasa mandarin sebagai bahasa yang mustahil untuk dikuasai. Karena sampai sekarang ini banyak orang barat yang sangat mahir dalam berbicara bahasa Mandarin. Mereka dapat mengucapkan dengan pelafalan yang sangat baik.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara belajar bahasa mandarin untuk pemula? Tips pertama untuk menguasai bahasa Mandarin adalah dengan mempelajari PinYin, ini merupakan penulisan romawi yang merupakan bunyi-bunyi dari setiap huruf Mandarin yang ada. PinYin juga merupakan sebuah bentuk penyederhanaan.

Kamu harus dapat memastikan melafalkan huruf tersebut dengan benar, karena kebanyakan bunyi-bunyinya tidak ada dalam bahasa Indonesia. Alasan mengapa kamu harus benar-benar dalam melafalkannya karena setelah kamu bisa, maka mempelajari bahasa Mandarin akan menjadi lebih mudah.

nada dalam bahasa mandarin

Kedua, kamu harus bisa menguasai nada-nada dalam bahasa Mandarin, menguasai keempat nadanya akan membuat kamu lebih mudah menguasai bahasa Mandarin.

Ketiga, bagi pemula akan sangat baik jika kamu banyak membaca tulisan mandarin, mendengarkan lagu dan menonton film dalam bahasa Mandarin. Semua itu dengan tujuan agar telinga kamu terbiasa mendengarkan bunyi-bunyi dalam bahasa Mandarin, semakin kuping kamu terbiasa maka akan semakin mudah untu mempelajarinya.

Keempat, berlatih menulis huruf dalam bahasa Mandarin setiap hari, setelah itu hafalkan huruf tersebut dan gunakan dalam bentuk kalimat. Jika kamu konsisten belajar 5-10 kata sehari maka dalam satu bulan kamu dapat menguasai 150-300 kata. Kemudian, setelah 3 bulan berlatih maka kamu dapat menguasai 450-900 kata. Setelah tiga bulan itu kamu pasti sudah dapat berbicara sehari-hari dengan orang lain menggunakan bahasa Mandarin.

Teori tersebut dikenal dengan Teori Paret atau 80/20 rule, dari 80% yang terjadi adalah karena 20% dari hasil atau akibat. Artinya jika kamu menguasai 20% kata dalam bahasa Mandarin maka setidaknya kamu sudah bisa menguasai 80% kata dalam bahasa Mandarin.

berbicara bahasa mandarin

Kelima, gunakan Bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari. Ini merupakan cara yang paling efektif untuk menguasai bahasa Mandarin. Memang dengan banyak mendengarkan bahasa Mandarin kamu akan dapat mengerti bahasa Mandarin dengan cepat, namun kamu perlu melatih kemampuan berbicara kamu, karena kamu perlu melatih otot-otot kamu dalam mengucapkan setiap kata-kata dalam bahasa Mandarin. Kamu tidak mungkin mengucapkan kata-kata yang belum pernah kamu ucapkan sebelumnya.

Pada akhirnya, memang setiap orang memiliki cara belajar bahasa Mandarin untuk pemula sendiri-sendiri untuk dapat menguasainya. Tetapi yang sudah saya jalaskan diatas adalah dasar untuk kamu menguasai bahasa mandarin dengan cepat, mudah dan benar. Semoga kelima tips diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar bahasa asing ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *