Erzincantso Hiburan,Rumah 3 Alasan Mengapa Florist Bukan Pekerjaan Remeh

3 Alasan Mengapa Florist Bukan Pekerjaan Remeh



Erzincantso.org – Bagi kamu yang bercita-cita sebagai Florist dan masih mempunyai rasa takut dan minder karena dianggap memiliki pekerjaan yang tidak menghasilkan, maka ada baiknya kamu menyimak ulasan berikut ini. Menjadi perangkai bunga bukanlah hal yang gampang lho. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan perlu keahlian khusus yang tidak sembarang orang bisa mengerjakannya. Jadi meski terkesan santai, sebenarnya profesi sebagai perangkai bunga juga aslinya berpacu dengan waktu. Nah, selain alasan tersebut, ada 3 alasan lain yang menjadikan Florist bukan pekerjaan yang bisa dianggap remeh. Penasaran, kan? Check this out!

  1. Jam Kerja yang Ekstra

Meski kelihatannya mudah, tapi merangkai bunga sebenarnya memakan waktu yang lama, apalagi jika dikerjakan orang yang belum berpengalaman. Bayangkan saja, seorang Florist yang berpengalaman biasanya mulai merangkai sejak jam 7 pagi sehingga ketika ketika jam kantor sudah buka, karangan bunga sudah siap dijual.

Apalagi ketika musim libur dan musim perayaan tiba, misalnya saja Hari Valentine. Hari kasih sayang yang banyak ditandai dengan sImbol pemberian bunga tersebut membuat seorang perangkai bunga harus berdiri sekitar 12 jam seharinya. Hal ini terjadi karena bunga merupakan produk yang mudah busuk. Makanya bunga yang belum terjual biasanya akan ditaruh dalam pot berisi air terlebih dahulu untuk menghindari pembusukan yang lebih cepat. Untuk itu, tatkala ada pembeli dating, seorang Florist harus sigap merangkai dan memiliki ekstra tenaga. Jadi, bukankah ini pekerjaan yang hanya dilakukan orang-orang hebat?

  1. Berburu Bunga Tidak Mudah

Biasanya untuk mencari bunga kualitas terbaik, para perangkai bunga ini rela bangun jam 3 pagi hanya untuk berburu bahan di pasar bunga. Apalagi ketika bunga tersebut sedang tidak musim namun tetap memiliki permintaan yang sangat tinggi. Alhasil, seringkali seorang perangkai bunga juga dituntut memiliki kemampuan negosiasi dan jaringan yang luas, mulai dari petani bunga sampai penjual bunga yang utuh maupun sistem lelang.

  1. Butuh Stamina yang Kuat

Meski merangkai bunga kelihatannya pekerjaan yang enteng, tapi di balik layar semuanya membutuhkan tenaga yang kuat. Seorang perangkai bunga bahkan juga harus sanggup memindahkan paket bunga yang ukurannya tidak main-main, sanggup menyiapkan banyak air agar bunga terjaga, hingga sanggup membuang debris yang tentunya butuh waktu berjam-jam.

Baca juga: Toko Florist Batam

Selain itu, mereka juga harus mengurusi hal lain yang ada di toko, misalnya saja melayani order via online dan offline, mengatur keuangan toko, mengurus pajak, hingga memperluas jaringan dan koneksi misalnya dengan wedding planners serta para desainer interior. Bahkan, tak jarang bagi seorang Florist yang sukses, mereka juga dituntut secara social untuk membuka kelas merangkai bunga yang tentunya juga selain membutuhkan tenaga, juga membutuhkan kerja otak yang cukup melelahkan.

Nah, bagaimana? Masih bilang pekerjaan seorang perangkai bunga merupakan pekerjaan yang enteng alias remeh? Semoga bermanfaat.

Tags: ,